Cuaca Kota Pontianak Kalimantan Barat Ektrem Karena Hal Ini

Selama ini memang Cuaca Pontianak Kalimantan Barat cenderung berawan dengan curah hujan ringan dan sedang.

Menurut data Badan Meteorologi, Iklim dan Geofisika (BMKG), Malawi dan Sintang diperkirakan berawan.

Selain itu, hujan ringan di Bengkayang, Kapuas Hulu, Landak, Sambas, Sanggau dan Sekadau. Hujan di Ketapang Kubu Raya, Mempawah, Pontianak dan Singkawang.

Kondisi cuaca berkisar dari perkiraan suhu 22 ° C hingga 33 ° C, dan tingkat kelembaban berkisar dari 60% hingga 100%.

Cuaca di wilayah Laut Natsuna Cina selatan berawan, dengan tinggi gelombang 2 hingga 3,5 meter.

Dan cuaca laut di Kepulauan Anambas mengalami hujan lebat dengan gelombang berkisar antara 1,25 hingga 3 meter.

Mengapa Musim Hujan tapi Suhu Panas?

Meskipun sudah memasuki musim hujan, namun sering kali cuaca Pontianak Kalimantan Barat masih cukup panas. Hal ini tentu bukan hanya dialami oleh daerah penunjang ibu kota itu saja, melainkan beberapa wilayah Indonesia juga mengalaminya. Bahkan jika hujan juga sering kali deras disertai angin.

 

Ada beberapa alasan mengapa saat sedang musim penghujan, suhu udara jadi lebih panas padahal hujan. Salah satu di antaranya ialah sebab sebagian besar wilayahnya mengalami suhu yang meningkat. Pada bulan Desember, pergerakan semu matahari posisinya memang pas berada di atas dari Pulau Kalimantan itu sendiri.

 

Letak gerak semu matahari yang berada pas diatas Pulau Kalimantan ini sendiri juga dua kali terjadi dalam periode satu tahun, yakni bulan Desember serta Mei. Jadi puncak suhu panas terjadi pada bulan itu. Suhu udara yang panas di siang hari ini memang karena adanya gerak semu matahari.

 

Bukan hanya itu, cuaca Kota Pontianak Kalimantan Barat yang lebih cerah sendiri jadi alasannya. Cuaca yang cerah ini membuat sinar matahari terkena langsung permukaan secara optimal. Jadi tidak aneh apabila daratan lebih panas. Bahkan banyak yang mengatakan jika pada musim hujan Indonesia justru lebih panas.

Pontianak Malam Hari Lebih Dingin

Pontianak dan daerah sekitarnya di Kalimantan Barat memang dikenal dengan suhu sangat panas. Ini terjadi baik siang atau malam hari sekalipun. Namun ada kalanya cuaca Pontianak Kalimantan Barat ini juga mengalami perubahan menjadi dingin di kala malam hari. Terutama saat musim kering atau kemarau, sering kali Pontianak jadi lebih dingin ketika malam hari.

 

Fenomena tersebut tentu bukan tanpa alasan. Karena saat musim kemarau memang awan di langit juga sangat sedikit. Hal ini juga sudah jadi salah satu ciri paling umum ketika musim kemarau tiba. Saat udara di siang hari panas, maka suhu minimal di wilayah tersebut juga rendah.

 

Suhu rendah ini seringnya terjadi saat dini hari. Sementara itu, perlahan suhunya akan naik seiring dengan adanya sinar matahari. Tidak aneh apabila cuaca Pontianak Kalimantan Barat juga tidak menentu antara pagi dan malam harinya. Jika kamu tinggal di wilayah Pontianak dan sekitarnya, maka pasti terbiasa.

 

Sekalipun tidak banyak orang tahu alasannya, namun memang jika suhu udara di siang hari cukup tinggi, maka kemungkinan besar suhu malamnya juga rendah. Kelembaban udara akan meningkat hingga 80%. Sehingga di malam hari cukup dingin udaranya. Oleh sebab itu, kamu patut menyiapkan diri saat suhu berubah.

Suhu Siang Cenderung Lebih Panas

Wilayah kota garis katulistiwa ini lebih sering masuk ke dalam iklim musim tropis. Untuk tingkat kelembabannya sendiri cukup tinggi yakni 26 sampai 34 derajat celcius. Namun sering kali cuaca Kota Pontianak Kalimantan Barat juga lebih panas dari biasanya. Bahkan sejumlah wilayah di Indonesia lainnya juga mengalami hal tersebut.

 

Suhu mencapai 37 derajat celcius ini dikarenakan posisi matahari tepat di atas garis khatulistiwa. Pergerakan mataharinya bahkan semakin ke arah utara. Hal ini biasa terjadi pada bulan April. Selain itu, karena suhu yang sangat panas tersebut, cuacanya juga sering lebih cerah terkadang berawan.

 

Bukan hanya itu saja, ada hal lain yang menyebabkan cuaca Pontianak Kalimantan Barat cukup ekstrem ialah karena awan yang menutupinya cukup sedikit sebab cerah. Ini memungkinkan sinar matahari yang masuk ke darat atau bumi jadi lebih banyak. Sebab tidak ada awan yang menghalanginya.

 

Karena itulah suhu di Pontianak dan beberapa wilayah di Indonesia jadi sangat panas. karena suhu permukaannya meningkat. Karena cerah, maka awan di udara juga jadi tidak banyak. Sebab uap air yang ada di udara juga tidak banyak. Sehingga udara menjadi relatif lebih kering. Inilah mengapa suhunya jadi sangat panas.

 

Sering kali cuaca ekstrem ini terjadi karena masih dalam masa peralihan. Di mana dari musim hujan ke kemarau. Jadi beberapa wilayah masih kerap mengalami cuaca ekstrem. Potensi cuaca ini sendiri karena pada siang atau sore hari terjadi hujan lebat. Bahkan hingga terjadi hujan es beserta angin kencang,

Kualitas Udara Buruk di Pontianak

Bukan hanya di Kalimantan Barat saja, suhu panas juga terjadi hampir semua tempat di Indonesia. Bahkan di beberapa daerah suhunya hingga 50 derajat celcius. Cuaca yang dapat dikatakan ekstrem ini umumnya juga terjadi karena gerak semu harian matahari terus bergerak ke belahan bumi bagian selatan.

 

Karena cuaca Kota Pontianak Kalimantan Barat ini juga membuat banyak orang jadi lebih suka beraktivitas di dalam rumah juga. Pastinya semua orang juga ingin punya rumah sejuk, termasuk kamu bukan ? Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat suhu udara jadi sejuk.

 

Namun di Pontianak sendiri kualitas udaranya cukup buruk dan bahkan masuk kategori tidak sehat jika dibandingkan dengan Jakarta, bahkan lebih buruk dua kali lipatnya. Banyak orang yang mengatakan jika cuaca di Pontianak yang panas ini dikarenakan oleh tidak sedikitnya kegiatan industri di dalamnya.

 

Tetapi ternyata bukan hanya karena itu. Kamu harus tahu, cuaca yang panas di Pontianak juga dikarenakan banyak hal lain. Memang satu di antaranya karena adanya industri. Ditambah lagi adanya polusi dari transportasi yang menyebabkan udara semakin tidak sehat. Bahkan pembangunan jalan tol juga menyumbang kualitas suhu tidak bagus.

 

Walaupun demikian, pemerintah juga melakukan banyak hal untuk membuat suhu jadi lebih baik lagi. Seperti menanam pohon bersama masyarakat. Agar udara tetap sejuk serta sehat. Memang cuaca Kota Pontianak Kalimantan Barat sendiri cukup ekstrem, terutama saat musim peralihan.

 

Kabut asap akibat kebakaran lahan gambut di Kota Pontianak Kalimantan Barat juga sering terjadi setiap tahunnya, belum bisa teratasi sepenuhnya. Bahkan, kualitas udara di Pontianak sangat tidak sehat hingga menyentuh level berbahaya.

Berdasarkan data aplikasi ISPUnet, jika menggunakan parameter PM 2,5 indeks standar pencemaran udara (ISPU) di Pontianak mencapai level berbahaya. Artinya, tingkat kualitas udara dapat merugikan kesehatan serius pada populasi dan perlu penanganan cepat.

 

Dengan kondisi udara yang tidak sehat ini, Wali Kota Pontianak mengimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar ruangan. Sementara itu kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Barat, pasien infeksi saluran pernapasan akut di Kota Pontianak meningkat setiap Tahunnya. Dalam setahun terakhir, tercatat kasus bertambah hingga 100 orang yang berobat karena ISPA.

 

Masyarakat diminta selalu menggunakan masker, serta mengurangi kegiatan di luar rumah.