15 Daftar Souvenir Khas Kalimantan Barat yang Paling Terkenal

Jika Anda tidak mencari oleh-oleh yang unik dan menarik, maka singgah di Kalimantan Barat belumlah lengkap. Tidak hanya bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas kota tropis, namun berbagai oleh-oleh khas Kalimantan Barat juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk sahabat dan orang tersayang.

 

Tentu saja di Kalimantan Barat banyak terdapat oleh-oleh unik yang tidak ditemukan di tempat lain. Oleh karena itu, sangat sayang untuk melewatkan kesempatan untuk mencari berbagai oleh-oleh. Biasanya, ada banyak toko suvenir di sekitar tempat wisata. Ada juga pusat perbelanjaan khusus yang menawarkan berbagai jenis oleh-oleh untuk dibawa pulang oleh wisatawan. Jadi souvenir apa yang direkomendasikan untuk dibeli?

 

1. Kain Tenun

 

Tekstil merupakan salah satu produk daerah yang populer di Kalimantan Barat. Tak heran jika wisatawan yang berlibur ke Kalimantan selalu mengincar tekstil. Tekstil khas Kalimantan Barat tentunya memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri. Dengan cara ini, wisatawan bisa jatuh cinta dengan kecantikannya.

 

Motif khas tekstil Kalimantan Barat antara lain samba, kapuasul, mimbawa, dan motif menarik lainnya. Ada banyak tekstur dan warna tekstil yang dipersiapkan wisatawan untuk dibeli. Oleh karena itu, tekstil telah menjadi perusahaan dalam negeri yang paling berkembang di Kalimantan Barat.

 

2. Syal Tenun

 

Selain berbentuk lembaran kain, hasil kerajinan masyarakat Kalbar juga bisa dibeli dalam bentuk selendang tenun. Bisnis kerajinan lokal juga menarik wisatawan. Pasalnya, oleh-oleh khas Kalimantan Barat ini sangat indah, indah dan mudah digunakan.

 

Ukurannya tidak terlalu besar, jadi bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Bentuk dari selendang tenun juga sangat beragam. Motif-motif tersebut adalah Melawi, Sintang, Capuasful, Sanggau, dll. Kombinasi warnanya juga menarik, sehingga menjadikannya sebagai oleh-oleh yang unik.

 

3. Anjat

 

Wisatawan yang hobi mengoleksi tas khas daerah Indonesia pasti sangat senang dan langsung jatuh hati dengan tas khas Kalimantan Barat yang bernama Anjat. Ya, Angat adalah tas punggung yang diwarisi dari orang Dayak. Anjat biasanya digunakan sebagai tas punggung untuk membawa berbagai barang ketika orang Dayak bepergian.

 

Saat ini, Anjat telah berubah menjadi produk terlaris di pasar dan tidak kalah dengan tas goni yang trendi saat ini. Angat sendiri terbuat dari rotan dan merupakan buatan sendiri. Anjat berbentuk tabung dengan tinggi sekitar 70 cm. Tas klasik ini tidak memiliki penutup pada tas. Namun, Angat memiliki gelang kecil yang terbuat dari kain rotan. Gelang rotan diikatkan pada tali untuk membawa tas.

 

4. Manik-Manik

 

Kalimantan Barat khususnya Pontianak juga terkenal dengan produk daerahnya berupa kerajinan tangan. Banyak warga sekitar yang membuat dan mengoperasikan aneka manik-manik buatan sendiri, namun kualitasnya dijamin bagus dan memuaskan.

 

Jenis manik-manik yang sering ditangkap wisatawan antara lain gelang, tas, kalung, dan berbagai manik-manik lainnya. Padahal, perlu dicatat bahwa manik-manik tidak bisa dipisahkan dari kehidupan orang dayak. Pasalnya, setiap manik memiliki nilai tersendiri dan dianggap sakral.

 

5. Tanjak Melayu

 

Tangak Melayu juga merupakan produk khas daerah Kalimantan Barat dan tidak boleh diabaikan. Tangak sendiri merupakan topi khas Melayu yang biasa dipakai dalam berbagai upacara. Pengusaha lokal di masyarakat membuat anjat dengan berbagai barang unik dan menarik.

 

Setiap daerah di Kalimantan Barat umumnya memiliki motif yang khas. Variasi kombinasi warnanya juga sangat beragam, sehingga wisatawan bisa memilih yang mereka suka sesuai selera.

 

6. Lawar Clothing Khas Pontianak

 

Pontianak memiliki brand pakaian khusus bernama Lawar Clothing. Milenial pasti akan menyukai oleh-oleh yang satu ini. Lawar Clothing memadukan keunikan Pontianak dan budaya lokalnya dalam kaos dan busana dengan konsep yang lebih modern dan modern.

 

Untuk itu, clothing line ini disukai oleh anak muda Pontianak, termasuk wisatawan yang berkunjung. Desain inovatif selalu membuat produk ini lebih menarik, dan ini bukan satu-satunya, jadi ini adalah kenang-kenangan yang sempurna!

 

7. Seija Footwear

 

Nah, jika merupakan produsen T-shirt, maka Pontianak juga memiliki brand sepatu lokal. Namanya Seija Alas Kaki. Bisa dikatakan produk dalam negeri ini bersaing dengan merek terkenal lainnya, Anda bisa bersaing dalam kualitas dan harga.

 

Produk ini sangat populer di kalangan milenial di Pontianak, sehingga mendorong wisatawan luar kota untuk mengoleksi sendiri koleksinya. Produk lokal ini akan membuat penampilan Anda semakin keren. Jadi ambillah lebih awal! Silahkan langsung ke toko.

 

8. Soeltan Tenun

 

Mereka yang menyukai hal-hal unik, etnik dan modern harus membeli item ini. Soeltan Weaving adalah merek pakaian yang diciptakan oleh kreativitas tekstil khas Kalimantan Barat. Suvenir cantik ini mengemas tekstil tradisional tradisional samba menjadi lebih modern tanpa kehilangan sisi anehnya.

 

Tekstil biasanya favorit ayah saya, tapi kali ini modelnya yang terbaru, jadi Sueltan Tenun populer di kalangan anak muda. Jadi itu adalah suvenir yang sempurna.

 

9. Batu Kecubung

 

Jika Anda bertanya di mana Pusat Souvenir Pontianak, PSP Luco adalah jawabannya. Toko di Jalan Patimura ini menjual banyak oleh-oleh yang indah dan menarik di Kalimantan Barat.

 

Salah satunya adalah batu kecubung. Mungkin sulit untuk membuat hadiah untuk orang tua Anda. Ya, saya pikir batu kecubung ini adalah hadiah yang bagus untuk ayah, kakek, atau paman yang menyukai batu. Potongannya sekitar 200.000 dan cincinnya 250.000.

 

10. Tas Manik

 

Souvenir lain yang lebih praktis adalah tas manik-manik. Pontianak terkenal dengan taknyaTangan terbuat dari manik-manik, termasuk tas manik-manik ini. Banyak toko yang menjual tas manik-manik dengan berbagai bentuk, motif, dan ukuran.

 

Mereka tidak hanya terbuat dari manik-manik, tetapi ada juga yang dibuat dengan menenun rotan. Kalau masalah harga jangan ditanya. Tergantung bentuk dan ukurannya, tapi cukup murah, 70-100000 per buah.

 

11. Baju Adat

 

Setiap negara bagian membutuhkan pakaian tradisionalnya sendiri. Saat ini, pakaian tradisional tidak hanya dikenakan untuk acara-acara formal dan pameran, tetapi saat ini sering digunakan sebagai oleh-oleh.

 

Banyak yang mencarinya karena dianggap anti-mainstream dan singular. Harga souvenir fesyen rakyat berkisar antara 350.000 hingga 550.000 per set, tergantung ukuran dan desainnya.

12. Hiasan Mobil

 

Kunjungi Pontianak dan Anda pasti akan menemukan ribuan kerajinan tangan yang terbuat dari manik-manik. Seperti dekorasi mobil ini, terbuat dari manik-manik dengan berbagai ornamen dan bentuk.

 

Souvenir ini sangat sederhana dan cocok untuk diberikan kepada siapa saja. Ornamen ini juga sangat serbaguna dan bisa digantung di kaca spion mobil atau dimanapun. Harga mulai dari 10.000 hingga 25.000 per buah.

13. Hiasan Burung

 

Kenang-kenangan ini terbuat dari kayu dan sangat cocok untuk dekorasi ruangan rumah seperti ruang keluarga dan kamar tidur. Hiasan pada dinding ini sangat unik dan menarik karena bentuknya yang sangat unik.

 

Ornamen burung ini hanya ada di Pontianak dan Anda perlu merogoh kocek sekitar 180-101.000 rupiah per unit untuk mendapatkannya.

14. Miniatur Tugu Khatulistiwa

 

Setiap kota membutuhkan gurunya sendiri. Tak terkecuali Pontianak. Landmark Kota Pontianak adalah Tugu Khatulistiwa. Sekarang, semua ikon di setiap kota harus miniatur.

 

Anda bisa mendapatkan miniatur tugu khatulistiwa hanya dengan 80-200 ribu. Membeli oleh-oleh khas Kalimantan Barat mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena saya tidak pernah selesai mengunjungi Pontianak tanpa membawa pulang oleh-oleh ini.

15. Mandau

 

Senjata tradisional masyarakat Dayak adalah Mandau. Saat ini, senjata ini dibuat tidak hanya untuk berfungsi sebagaimana mestinya, tetapi juga sebagai suvenir yang patut dicontoh. Jenis pedang itu sendiri tergantung pada perbedaan ukiran.

 

Kenang-kenangan ini cocok untuk dipajang, agar nuansa Pontianak tetap terjaga dan terjaga sampai Anda kembali ke rumah. Harganya masih standar, sekitar 800.000-400.000, tergantung ukuran dan modelnya.

 

Jadi semua orang memilih oleh-oleh khas Pontianak berupa barang tahan lama yang bisa dibawa-bawa. Anda dapat menyenangkan orang lain dengan suvenir ini dengan harga yang tidak menguras dompet Anda.

 

Ini dia daftar 15 oleh-oleh khas Kalimantan Barat yang paling terkenal dan wajib dibeli. Semua oleh-oleh dijamin sangat terjangkau, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan harganya. Kapan saya bisa membeli produk khas Kalimantan dengan harga terjangkau? Jadi jangan lewatkan kesempatan ini saat Anda mampir ke Kalimantan Barat.